Tehnik Balon Udara Panas

Tehnik Balon Udara Panas
Balon hawa panas yakni satu balon yang mempunyai massa type hawa yang tidak sama dengan hawa di sekelilingnya, Dikerjakan lewat cara dipanaskan dengan api hingga hawa bakal mengalir serta balon bakal naik ke atas. balon udara panas ini umumnya dipakai oleh militer untuk lakukan pengintaian ke daerah lawan, bersamaan dengan perubahan saat balon udara Panas ini dipakai sebagai kepentingan wisata.

PRINSIP KERJA BALON UDARA Langkah kerja balon udara Langkah balon udara bekerja prinsipnya begitu simpel yakni lewat cara memanaskan hawa didalam balon supaya lebih panas dari hawa diluarnya. Karna kita ketahui hawa yang lebih panas semakin lebih enteng karna saat type hawa yang ada di dalam balon lebih enteng dari hawa diluar. Langkah balon udara Terbang Seperti yang sudah dijelaskan diatas balon udara terbang dengan memakai Ketidaksamaan berat hawa dengan jalan memanaskannya. Untuk terbang hawa didalam envelope di panasi dengan burner dengan temperature sekitaran 100 derajat Celcius.

Hawa panas ini bakal terjebak didalam envelope. Karna hawa panas ini saat per unit volumenya lebih sedikit membuatnya lebih enteng hingga balon udara juga bakal bergerak naik di dorong oleh hawa yang bertekanan lebih kuat. Untuk mendarat, hawa didinginkan lewat cara memperkecil burner. Hawa yang mulai mendingin didalam envelope bikin balon bergerak turun. Untuk mempercepatnya, pilot bakal buka katup parasut (parachute valve) hingga hawa didalam envelope lebih cepat dingin. Karna balon udara cuma dapat naik serta turun (bergerak dengan cara vertikal) pasti kita memikirkan bagaimana caranya balon udara beralih dari satu tempat ke tempat lain (bergerak dengan cara horizontal).

Jawabanya cuma satu, pilot memakai hembusan angin untuk bergerak dengan cara horizontal. Karna angin bertiup tidak sama arahnya pada tiap-tiap ketinggian spesifik. Ketidaksamaan arah tiupan angin berikut yang digunakan oleh pilot untuk mengatur balon udara dari satu tempat ke tempat yang dikehendaki. Sebagai ilustrasi pada ketinggian 300 mtr. balon udara bakal bergerak dari timur kebarat. Angin yang bertiup kebarat di prediksikan pada ketinggian 400 mtr.. Karenanya pilot menaikan balon udara hingga ketinggian itu serta balon udara juga memakai tiupan angin untuk menuju kebarat. Simpel bukan? Namun hal semacam ini cuma dapat dipraktekan oleh pilot yang memiliki pengalaman supaya balon udara tak nyasar.

KOMPONEN-KOMPONEN PADA BALON UDARA PANAS balon udara dengan cara garis besarnya memiliki tiga sisi paling utama yakni envelope, burner, serta basket. Envelope diisi hawa/gas enteng (seperti Gas Hidrogen) yang berperan mengangkat balon udara dari landasannya memiliki bentuk berbentuk kantong berbentuk balon tempat hawa dipanaskan. Envelope ini umumnya terbuat berbahan nilon serta diperkuat dengan panel-panel yang di anyam. Karna nilon ini tak tahan api, jadi sisi bawah envelope di lapisi dengan bahan anti api (skirt). terdapat dibawah kantung hawa adalah tempat awak mengatur balon udara atau penumpang yang nikmati penerbangan balon udara. Basket di buat berbahan yang enteng serta lentur.

0 thoughts on “Tehnik Balon Udara Panas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *