Hidroponik VS Aquaponics – Apakah yang lebih baik?

Telah ada banyak perdebatan untuk yang metode berkebun akan keluar di atas dalam pertempuran hidroponik vs aquaponics.

Image result for hidroponik

Pada artikel ini, kita akan melihat Hidroponik perbedaan utama antara dua dan jika aquaponics benar-benar adalah yang terbaik dari kedua dunia dari hidroponik dan akuakultur.

Apakah Hidroponik?

Hidroponik hanya menggunakan air dan nutrisi kimia untuk membudidayakan tanaman, tanpa perlu tanah. Ini bukan hanya metode produksi utama dari banyak rumah kaca tomat, kemangi dan daun selada tumbuh di Amerika Utara, tetapi juga populer di kalangan petani ganja.

Keuntungan menggunakan hidroponik tumbuh tanaman adalah:

  • Tidak ada tanah yang diperlukan.
  • Itu stabil dan menghasilkan hasil yang tinggi.
  • Tidak ada kerusakan dari pestisida.
  • Sistem ini dikontrol berarti bahwa tidak ada polusi gizi dilepaskan ke lingkungan.
  • kebutuhan gizi yang lebih rendah karena kontrol atas tingkat gizi.
  • kebutuhan air lebih rendah karena air tetap dalam sistem dan dapat digunakan kembali.

Klik Disini Untuk Pelajari Cara Membangun Sederhana & Low-Cost Home System Aquaponics Sendiri

Perbedaan Antara Hidroponik & Aquaponics

Hidroponik dan aquaponics berbagi beberapa kesamaan. Mereka berdua menggunakan air kaya nutrisi yang sangat oksigen untuk mandi akar tanaman terus menerus, dan dalam kedua sistem, tanaman melihat tingkat pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang ditanam di tanah.

Meskipun aquaponics meminjam banyak teknik dari hidroponik seperti NFT (nutrisi teknik film) dan DWC (budaya yang mendalam-air) mereka, ada banyak perbedaan yang signifikan di mana aquaponics meningkatkan atas.

  • Biaya Dari Kimia Nutrisi – Dalam sistem hidroponik, nutrisi kimia yang digunakan untuk memberi makan tanaman yang mahal dan biaya secara bertahap meningkat karena over-pertambangan dan kelangkaan. Dalam sistem aquaponics, pakan ikan digunakan sebagai pengganti yang tidak hanya murah, tapi akan memberikan Anda dengan yang lebih besar serta dukungan untuk tanaman.
  • Mempertahankan Solusi Gizi – periode tertentu, air dalam sistem hidroponik perlu dibongkar karena penumpukan garam dan bahan kimia ke titik di mana tingkat menjadi racun bagi tanaman. Dimana air limbah dibuang yang harus hati-hati, tetapi dalam sistem aquaponic, ada keseimbangan alami dari nitrogen dan air tidak pernah diganti, hanya puncak karena penguapan.
  • Produktivitas – Ini telah ditunjukkan dalam beberapa studi dan penelitian bahwa setelah biofilter aquaponic sepenuhnya didirikan (setelah jangka waktu 6 bulan), tukang kebun aquaponic umumnya akan melihat hasil yang lebih cepat dan lebih efisien dalam hal pertumbuhan tanaman dibandingkan dengan hidroponik.
  • Kemudahan Of Maintenance – Sebuah sistem aquaponic jauh lebih mudah untuk mempertahankan karena tidak ada kebutuhan untuk memeriksa konduktivitas listrik sekali sehari-hari seperti yang Anda harus dalam sistem hidroponik. Ekosistem alam di aquaponics berarti bahwa unsur-unsur memiliki kecenderungan untuk menyeimbangkan satu sama lain, dan Anda hanya akan perlu memeriksa pH dan amonia tingkat seminggu sekali, dan tingkat nitrat sebulan sekali.
  • Pertumbuhan organik – Hidroponik terdiri dari lingkungan buatan manusia steril sementara aquaponics adalah replikasi dari ekosistem alami, sehingga membuatnya benar-benar organik. Sistem hidroponik menggunakan nutrisi mahal terdiri dari campuran bahan kimia dan garam untuk memberi makan tanaman, tetapi dalam sistem aquaponic, tanaman pangan terbuat dari konversi limbah ikan padat oleh bakteri dan cacing kompos. Proses alami ini menyebabkan pertumbuhan tanaman yang lebih baik dan tingkat penyakit yang lebih rendah.

Kesimpulan

Konsep modern hidroponik telah ada lebih lama dari aquaponics, tapi praktek aquaponics sebenarnya dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Semakin banyak orang yang mulai menyadari manfaat dan keuntungan yang aquaponics memiliki lebih dari sistem berkebun lainnya.

Telah ada peningkatan jumlah lembaga dan tukang kebun di seluruh dunia pada setiap tingkat masyarakat yang mengadopsi metode aquaponics, dan itu hanya masalah waktu sebelum inisistem pangan yang berkelanjutan adalah standar.

0 thoughts on “Hidroponik VS Aquaponics – Apakah yang lebih baik?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *