Cara mengisi ulang aki sepeda motor

Di bawah ini adalah ringkasan dari jenis utama dari memimpin asam baterai:

cara-mengisi-ulang-aki-sepeda-motor

Standar (basah) / disegel (MF)
———————————–
Sebagian besar baterai jenis ini dan ditandai dengan memiliki dua elektroda (positif dan negatif) tenggelam dalam elektrolit cair (larutan air suling dan asam sulfat). Baterai standar memiliki removable Tutup untuk memungkinkan pemulihan tingkat elektrolit, sementara disegel baterai (atau MF – tanpa pemeliharaan) yang terdiri dari lubang ventilasi, yang (biasanya) tidak dapat dihapus dan memungkinkan semua gas yang dihasilkan selama pengisian untuk membubarkan di udara dari baterai baterai.
Oleh karena itu, MF baterai tidak benar-benar disegel dan hal ini juga penting untuk menghindari overloading, atau elektrolit menguap prematur, menyebabkan penurunan yang signifikan dalam baterai.
Disegel baterai beberapa (tidak banyak) memiliki tutup khusus yang dapat dihasilkan selama proses loading di air, hidrogen dan oksigen untuk mengurangi kerugian air dalam elektrolit sekitar 90-95%.
Baik jumlah dalam siklus baterai papan lead-kalsium atau memimpin-Antimon, digunakan untuk meningkatkan hidup baterai dan kekuatan mekanik elektroda.

 

Gel
———————————–
Baterai gel mengandung elektrolit gel (diperoleh dengan penambahan silika gel): hal ini membuat elektrolit (asam solusi air suling dan asam sulfat) padat dan agar-agar.
Keuntungan utama dari jenis baterai adalah bahwa mereka tidak dapat melepaskan asam, bahkan jika mereka terbalik atau jika kotak Anda rusak.
Keuntungan utama dari jenis baterai adalah bahwa mereka tidak dapat melepaskan asam, bahkan jika mereka terbalik atau jika kotak Anda rusak.

 

Namun, ada juga beberapa kelemahan dalam penggunaan baterai gel: harus diisi untuk rendah arus dan tegangan, untuk mencegah pembentukan gelembung dalam elektrolit gel, yang dapat secara permanen merusak baterai. Untuk alasan ini, sangat penting untuk menghindari penggunaan tradisional pengisi daya yang cepat untuk pemeliharaan gel baterai.

 

RUPS (VRLA)
———————————–
Jenis baterai mengandung elektrolit padat AGM (Absorbed Glass Mat, yang adalah serat kaca tipis diresapi dengan larutan air dan asam sulfat) antara elektroda.
Baterai ini sangat aman, karena mereka tidak dapat melepaskan asam, jual cover motor bahkan jika mereka terbalik atau jika kotak Anda rusak. 

 

Hampir semua baterai AGM juga type VRLA (Valve diatur Lead Acid): ini berarti bahwa baterai memiliki katup kecil yang mempertahankan sedikit tekanan positif terhadap lingkungan eksternal (suasana). Baterai ini karena itu adalah sedikit di bawah tekanan.

 

Karena mudah untuk membayangkan, baterai ini mempunyai semua kelebihan gel baterai, tetapi tidak menyerahkan batasnya, karena mereka dapat bertahan lebih tinggi arus pengisian: baterai dapat diisi sebagai baterai standar (atau MF).
Fitur lain yang penting adalah bahwa baterai ini “rekombinan”, yaitu, oksigen dan hidrogen yang dihasilkan selama pengisian recombine lagi menghasilkan air (dengan yang lebih besar daripada 90% efisiensi) langsung di dalam baterai, membuat kerugian sangat kecil air selama hidup baterai.

 

> Baterai
Waktu baterai yang dapat sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Paling penting, bagaimanapun, adalah penggunaan yang tepat dan pemeliharaan (load).
Diantara alasan utama yang dapat menyebabkan kematian dini baterai, ada adalah sebagai berikut:

 

Meninggalkan siaga baterai (karena sulfation Self discharge).
Karakteristik dari semua baterai asam-timah yang tidak boleh dianggap remeh adalah alaminya Self discharge, terutama jika mereka tidak digunakan untuk beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

 

Lebih buruk, elektronik perangkat di kendaraan (kontrol unit dari berbagai jenis, alarm, radio, clock, dll) sekarang membutuhkan yang lemah saat ini tapi terus-menerus, bahkan ketika kendaraan off dan tidak terpakai.

 

Sebagai contoh, hal ini terjadi sangat sering untuk sepeda motor: kiri di garasi di musim gugur – pada awal musim yang buruk – dan di musim semi dan mereka yang tidak dapat dilaksanakan karena baterai penuh (atau sebagian) kosong.

 

Dalam kasus ini sering terjadi, ketika mencoba untuk reload itu beberapa kali, baterai tidak dapat mulai kendaraan: baterai sebenarnya “sulphated”, yaitu elektroda ditutupi dengan kristal belerang, begitu besar dan mendalam yang sudah tak dapat dilenyapkan selama proses pengisian.

0 thoughts on “Cara mengisi ulang aki sepeda motor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *