Bahaya Bila Makana Jatuh Lebih dari 5 Detik Tidak Aman

Ternyata bakteri dapat mentransfer ke permen yang telah jatuh di lantai tidak peduli seberapa cepat Anda mengambilnya. peneliti Rutgers telah terbukti tidak benar gagasan yang diterima secara luas bahwa itu OK untuk meraup makanan dan memakannya dalam ‘aman’ lima detikĀ rental mobil murah di semarang.Ternyata bakteri dapat mentransfer ke permen yang telah jatuh di lantai tidak peduli seberapa cepat Anda mengambilnya.

foto-tumpah-makanan

peneliti Rutgers telah terbukti tidak benar gagasan yang diterima secara luas bahwa itu benar untuk meraup makanan dan memakannya dalam “aman” window lima detik. Donald Schaffner, profesor dan spesialis ekstensi dalam ilmu makanan, menemukan bahwa kelembaban, jenis permukaan dan waktu kontak semua berkontribusi untuk kontaminasi silang. Dalam beberapa kasus, transfer dimulai dalam waktu kurang dari satu detik. Temuan mereka muncul secara online dalam American Society for jurnal Microbiology, Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan.

“Gagasan populer dari ‘belum lima detik’ adalah bahwa makanan dijatuhkan di lantai, tapi dijemput cepat, aman dikonsumsi karena bakteri membutuhkan waktu untuk mentransfer,” kata Schaffner, menambahkan bahwa sementara pop budaya “aturan” memiliki telah ditampilkan oleh setidaknya dua program TV, penelitian dalam jurnal peer-review terbatas.

“Kami memutuskan untuk melihat ke dalam ini karena praktik ini begitu luas. Topik mungkin muncul ‘light’ tapi kami ingin hasil kami didukung oleh ilmu pengetahuan yang solid,” kata Schaffner, yang melakukan penelitian dengan Robyn Miranda, seorang mahasiswa pascasarjana di laboratorium di sekolah Lingkungan dan Ilmu Biologi, Universitas Rutgers-New Brunswick.

Para peneliti menguji empat permukaan – stainless steel, keramik, kayu dan karpet – dan empat makanan yang berbeda (semangka, roti, roti dan mentega, dan permen kenyal). Mereka juga melihat empat kali kontak yang berbeda – kurang dari satu detik, lima, 30 dan 300 detik. Mereka menggunakan dua media yang – kaldu kedelai tryptic atau pepton penyangga – tumbuh aerogenes Enterobacter, sebuah nonpathogenic “sepupu” Salmonella alami dalam sistem pencernaan manusia.

skenario pengalihan dievaluasi untuk setiap jenis permukaan, jenis makanan, waktu kontak dan persiapan bakteri; permukaan diinokulasi dengan bakteri dan memungkinkan untuk benar-benar kering sebelum sampel makanan dijatuhkan dan dibiarkan tetap untuk jangka waktu yang ditentukan. Semua berjumlah 128 skenario yang direplikasi setiap 20 kali, menghasilkan 2.560 pengukuran. Pasca-Transfer permukaan dan makanan sampel dianalisis untuk kontaminasi.

Tidak mengherankan, semangka memiliki paling kontaminasi, permen kenyal sedikit. “Transfer bakteri dari permukaan makanan tampaknya akan terpengaruh besar oleh kelembaban,” kata Schaffner. “Bakteri tidak memiliki kaki, mereka bergerak dengan kelembaban, dan basah makanan, semakin tinggi risiko transfer. Juga, lebih lama waktu kontak makanan biasanya mengakibatkan perpindahan bakteri lebih dari masing-masing permukaan makanan.”

Mungkin tak terduga, karpet memiliki kecepatan transfer yang sangat rendah dibandingkan dengan orang-orang dari genteng dan stainless steel, sedangkan transfer dari kayu lebih bervariasi. “Topografi permukaan dan makanan tampaknya memainkan peran penting dalam transfer bakteri,” kata Schaffner.

Jadi sementara para peneliti menunjukkan bahwa belum lima detik adalah “nyata” dalam arti bahwa lagi hasil waktu kontak dalam transfer lebih bakteri, hal itu juga menunjukkan faktor-faktor lain, termasuk sifat makanan dan permukaan jatuh pada, adalah sebesar atau lebih penting.

“Aturan lima detik adalah penyederhanaan yang signifikan dari apa yang sebenarnya terjadi ketika bakteri mentransfer dari permukaan untuk makanan,” kata Schaffner. “Bakteri dapat mencemari seketika.”

Maka kita di anjurkan untuk berhati-hati bila membeli sesuatu makanan lalu tidak di sengaja tangan kita atau kita bersenggolan dengan seseorang lalu terjadi pertumpahan makanan dimana bila makanan tersebut jatuh terlalu lama akan berbahaya bisa terkenan kuman yang ada di bawah tempat jatuhnya.

0 thoughts on “Bahaya Bila Makana Jatuh Lebih dari 5 Detik Tidak Aman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *